MAKALAH
“Teknologi
Informasi untuk Penilaian Pembelajaran”
Makalah ini
disusun guna memenuhi tugas mandiri mata kuliah Teknologi Informasi
Dosen pengampu
: Jasmansyah, M.Pd
Disusun oleh :
Ceng Hasan
Siti Solihat
Zenna Hara
Lestari
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM SYAMSUL ‘ULUM
GUNUNGPUYUH –
SUKABUMI
Jl. Bhayangkara No. 33 Sukabumi - Jawa Barat
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini . Penulis mengangkat makalah ini dengan judul “Teknologi Informasi dalam Penilaian Pembelajaran” guna memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah Teknologi Informasi .
Disini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1. Bapak Jasmansyah, M.Pd (sebagai dosen pembimbing)
2. Teman-teman yang telah memberikan dukungan baik moral maupun material, sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini.
Penulis mengharapkan kritik dan saran dari Dosen pembimbing dan teman-teman guna memperbaiki pembuatan makalah berikutnya dan semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua . Aamin
i
DAFTAR ISI
Kata Pengantar..................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................ ii
BAB. I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah.................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah............................................................................. 2
1.3 Tujuan
Penulisan............................................................................... 2
BAB. II. PEMBAHASAN
2.1 Konsep
TIK dalam Penilaian............................................................ 3
2.2 Manfaat
Penggunaan TIK dalam Penilaian....................................... 4
2.3 Penggunaan
software microsoft excel dalam penilaian..................... 4
BAB. III. PENUTUP
3.1
Kesimpulan........................................................................................ 11
Daftar Pustaka...................................................................................... 12
ii
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Undang-Undang
No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 berbunyi “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
Negara yang demokratis dan bertanggung jawab”. Untuk mencapai tujuan
tersebut tidaklah mudah karena tantangan yang lebih besar dengan adanya arus
globalisasi di segala bidang kehidupan. Globalisasi sebagai dampak dari revolusi teknologi informasi dan komunikasi
(TIK) mengakibatkan perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Perubahan
yang paling cepat dirasakan adalah perubahan ekonomi dan pengetahuan.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang
begitu pesat digunakan dalam berbagai disiplin Ilmu, termasuk di dunia
pendidikan. Perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
dunia pendidikan saat ini sudah tidak bisa ditawar lagi karena telah menyatu
dengan perkembangan setiap aktivitas kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia
pendidikan. Demikian halnya guru sebagai tenaga profesional, harus mampu
mengimbangi laju perubahan tersebut. Sikap yang harus direfleksikan oleh guru
di antaranya melalui apresiasi, inovasi, dan kreasi untuk memanfaatkan TIK
seperti yang dinyatakan dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan kompetensi Guru.
Berdasarkan hasil monitoring,
supervisi, dan evaluasi keterlaksanaan RSKM/KTSP, ditemukan bahwa pemanfaatan TIK (baik hard
ware maupun software)oleh guru di satuan pendidikan masih amat
terbatas. TIK lebih banyak dimanfaatkan terbatas pada fungsi administratif.
Pemanfaatannya sebagai media atau alat bantu pembelajaran dan penilaian masih
belum tereksplorasi secara mendalam, apalagi pemanfaatan berbagai fasilitas dan
aplikasi yang ada. Salah satunya
belum optimal pemanfaatan Microsoft Excel (Ms excel) aplikasi bagian dari
Microsoft Office dalam penilaian.
Sebagai respon atas temuan tersebut, maka dalam
upaya memenuhi kepuasan pelanggan (customer
satisfaction) dan membantu guru dalam memanfaatkan secara maksimal TIK
(khususnya Ms excel) dalam penilaian, Direktorat Pembinaan SMA menyusun
”Petunjuk Teknis PemanfaatanTIK dalam Penilaian di SMA”.
1.2
Rumusan Masalah
1. Bagaimana
konsep TIK dalam penilaian ?
2. Apa
manfaat penggunaan TIK dalam penilaian ?
3. Bagaimana
pemanfaatan microsoft excel dalam penilaian pembelajaran ?
1.3
Tujuan Penulisan
1. Agar
mengetahui bagaimana konsep TIK dalam penilaian
2. Agar
mengetahui manfaat penggunaan TIK dalam penilaian
3. Agar
mengetahui bagaimana pemanfaatan microsoft excel dalam penilaian pembelajaran.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Konsep
Penggunaan TIK dalam Penilaian
Penilaian adalah proses sistematis
pengumpulan, pengolahan dan pengambilan keputusan atas data tentang suatu obyek
untuk selanjutnya dipertimbangkan pemberian nilai atas obyek tersebut
berdasarkan pada suatu kriteria tertentu.
Penilaian tidak bisa dilakukan tanpa adanya
sejumlah data yang memadai tentang obyek yang akan dinilai. Melalui data yang
lengkap inilah kita bisa mengamati dan mengenali obyek dengan baik, sehingga
pada tahapan selanjutnya kita punya gambaran untuk memberikan pertimbangan
nilai. Pemberian nilai itu sendiri, tidak dilakukan secara serampangan tanpa adanya kriteria yang jelas. Penentuan apakah
suatu obyek itu baik atau tidak baik, lulus atau tidak lulus, merujuk pada
suatu kriteria yang jelas. Dengan demikian, dari uraian di atas bisa kita
pahami, setidaknya ada tiga komponen utama dalam penilaian yaitu adanya obyek
yang akan dinilai, adanya pertimbangan dan
adanya kriteria.
Dalam evaluasi pembelajaran, yang menjadi
obyek penilaian adalah proses dan hasil belajar. Substansinya adalah sejauh
mana proses pembelajaran dilakukan oleh guru dan siswa dan sejauh mana
tujuan-tujuan pembelajaran belajar dicapai siswa. Dengan demikian dalam
evaluasi pembelajaran, data yang harus dikumpulkan adalah data tentang
aktivitas pembelajaran dan data tentang hasil belajar. Data proses pembelajaran
lebih banyak berupa data kualitatif, sedangkan data hasil belajar lebih banyak
data yang bersifat kuantitatif, berupa angka. Dalam pengolahan data kualitatif,
biasanya lebih banyak dilakukan secara subyektif oleh guru, dengan bersandar
pada ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan yang dimilikinya. Sedangkan data
kuantitatif berupa angka-angka, dalam pengolahan dan analisisnya menggunakan
alat Bantu sistem operasi matematik dan/atau statistik.
Sekaitan dengan pengolahan dan analisis data
berupa angka (numerik), dewasa ini kita bisa menggunakan salah satu program
aplikasi komputer, yaitu program pengolah data. Salah satu program yang bisa
digunakan untuk mengolah data angka tentang proses dan hasil belajar adalah
programMicrosoft Excel.
2.2 Manfaat
Penggunaan TIK dalam Penilaian
Ada sejumlah sisi positif atau kelebihan
yang dimiliki apabila dalam pengolahan data angka menggunakan alat bantu
komputer, khususnya dengan menggunakan program Microsoft Excel, di antaranya
yaitu:
Pengolahan dan analisis data angka akan lebih cepat dan lebih
1.
Akurat dibandingkan
jika dilakukan secara manual; Selain itu, karena pengolahan data berbasis komputer
ini dilakukan
2.
Berupa data digital,
maka penyebarluasan informasi hasil pengolahan datanya juga bisa dilakukan
secara digital juga, di samping melalui print out dalam bentuk
lembaran kertas;
3.
Penyebarluasan
hasil-hasil penilaian bisa dilakukan secara online,sehingga bisa
diakses setiap saat oleh yang membutuhkannya.
2.3 Pemanfaatan
Software Microsoft Excel Dalam Penilaian Pembelajaran
1.
Apa
itu Microsoft Excel?
Microsoft Excel merupakan salah satu program
aplikasi yangada pada Microsoft Office, yaitu program aplikasi untuk
kepentingan perkantoran. Program lainnya yang ada pada program aplikasi MS
Office selain excel adalah PowerPoint, Access, dan Photo
Editor.Microsoft Excel adalah suatu program aplikasi berupa kolom dan lajur
elektronik yang ditujukan untuk mengolah dokumen yang berupa angka, di mana
data angka tersebut dapat diolah dengan logika operasi matematika dan
statistika.
2.
Fungsi
atau Kegunaan Microsoft Excel
Fungsi dari program Microsoft Excel adalah untuk membuat dan
mengolah dokumen berupa angka, yang memungkinkan untuk menggunakan operasi
logika matematika dan statistika.
3. Prosedur Menggunakan Microsoft Excel
Bahasan tentang prosedur penggunaan excel secara garis besar
akan mencakup empat hal utama, yaitu: membuka program excel, membuat dokumen
dalam excel (input dan pengolahan data), menyimpan hasil kerja, mencetak hasil
kerja dan menutup program excel.
·
Membuka
Program Microsoft Excel
ü
Ada beberapa cara
untuk membuka program Microsoft Excel ini, cara manapun yang ditempuh pada
dasarnya sama yaitu kita harus mengklik padaicon Microsoft
Excel.Berikut adalah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membuka program
Microsoft Excel 2007:
Pada layar
• desktop,
lakukan double click (klik dua kali) pada icon Microsoft
Excel 2007; Klik tombol Start, kemudian klik pada
• icon Microsoft
Excel 2007; Klik tombol Start, klik All Programs, klik grup program Microsoft
• Office, klik
Microsoft Office 2007.Dengan menggunakan salah satu cara di atas, selanjutnya
kita akan masuk ke layar kerja Excel, yang berupa kolom dan lajur.
·
Membuat
Dokumen pada Microsoft Excel 2007
ü
Membuat dokumen pada
program Microsoft Excel, merupakan aktivitas mengetikkan kata, angka dan/atau
simbol, serta mengolah data angka dengan menggunakan logika matematika dan
statistika yang sudah disediakan oleh program tersebut. Dokumen kata dan angka
tersebut dibuat dalam bentuk lajur dan kolom yang telah tersedia dalam program
Microsoft Excel (Input Data).
Ada beberapa hal
yang paling sering dilakukan ketika mengetik dokumen dalam Microsoft Excel
yaitu: kolom dan lajur kurang lebar; kolom dan lajur jumlahnya kurang; salah
memasukkan data (sel/kolom/lajur), dan perlu memindahkan data kata/angka (dalam
sel/kolom/ lajur) bahkan mungkin satu atau beberapa halaman (Edit
Data).Input
·
Pengolahan
Data
Menginput berarti
mengetikkan data (kata dan angka) ke dalamkolom dan lajur. Dalam input dan
pengolahan data di excel akan terkait dengan beberapa operasi logika matematika
dan statistika. Di bawah ini adalah lambang operasi matematika dan fungsi
statistika yang paling
sering
digunakan.Lambang operasi matematika:
.^ = Pangkat
• * = Kali
• / = Bagi
• + = Tambah
• - = Kurang
• Fungsi statistik
yang paling sering digunakan
v
Fungsi
Kegunaan
=sum Menjumlahkan data
dalam satu range
=average Menghitung
rata-rata dari suatu range
=max Mencari nilai
terbesar dari suatu range
=min Mencari nilai
terkecil dari suatu range
=count Menghitung
jumlah data dari suatu range
Teknik penulisan karakter angka di Microsoft
Excel harus dimulai
a.
dengan tanda sama
dengan (=). Begitupun dengan penulisan rumus fungsi di atas, harus diawali
dengan tanda ’=’. Contoh ‘=SUM(‘ (tanpa tanda kutip).
Klik
b.
pointer pada sel di mana hasil operasi akan
ditempatkan.Ketik lambang =.
c.
Ketik rumus fungsi
yang akan digunakan, misal:
d.
SUM(.Blok suatu
e.
range/kolom tertentu yang berisi data yang
akandijumlahkan (Misal: H12 - H16)Tekan Enter
f.
Prosedur cara
menggunakan fungsi lainnya sama.
Catatan: Cara memblok
Bawa kursor ke bagian awal dokumen;
1.Drag dengan menggunakan
2.mouse(menekan sisi kiri mousedengan tidak melepaskannya)
hingga ke ujung akhir teks. Atau dengan cara menekan tombol Shift + Tombol
Panah.
(Menempatkan kursor bisa dengan menggunakan anak panah di
Keyboard bisa juga dengan menggunakan Mouse).
Teknik statistik selanjutnya yang sering digunakan dalam
pengolahan data angka penilaian hasil belajar yaitu meranking.
v
Merangking
·
Konsep
a. Merangking data artinya menentukan nilai
rata-rata mana yang terbaik dari sejumlah nilai rata-rata yang ada. Rangking
ini sangat penting untuk menentukan data mana yang menempati urutan teratas,
untuk keperluan seleksi atau menentukan suatu prioritas tertentu berdasarkan
peringkat.
b. Prosedur meranking
Klik sel tempat di mana hasil pengolahan akan
ditempatkan
1.Ketik tanda sama
dengan ( = )
2.Ketik: RANK(
3.Blok sel yang berisi
nilai rata-rata yang akan ditentukan
4. rangkingnya Ketik
koma ( , )
5.Blok range/seluruh
nilai rata-rata
6.Tekan ENTER
7.Terapkan pada nilai
yang lain dengan cara mendrag tanda ‘+’
8.kecil di bagian kiri
bawah kolom
v Membuat Komentar Pada Sel
·
Konsep
a. Komentar pada sel adalah suatu keterangan,
komentar atau pertanyaan yang dibubuhkan pada suatu sel tertentu, yang
ditujukan untuk memberikan penjelasan pada pengguna program mengenai data yang
ada pada sel tersebut. Komentar akan muncul apabila kursor mouse diarahkan
pada sel tersebut. Adapun sel yang memiliki komentar akan memiliki tanda berupa
tanda merah di ujung kanan atas sel. Sekaitan dengan pembuatan komentar ini
meliputi tiga hal, yaitu: membuat, memperbaiki dan menghapus. Membuat komentar
yaitu untuk pertama kalinya komentar dibuat atau dibubuhkan pada sel tertentu.
Sedangkan memperbaiki komentar yaitu untuk merevisi komentar yang sudah dibuat,
hal ini dilakukan mungkin karena adanya ide baru atau karena adanya kesalahan
yang harus diperbaiki pada komentar. Kemudian, menghapus komentar yaitu
menghilangkan komentar jika dirasakan komentar dimaksud sudah tidak diperlukan
lagi.
v Prosedur Membuat komentar
·
Klik sel yang akan
diberi komentar/catatan;
1.Klik pada
2.tab Review;
Klik pada tombol
3.Edit
Comment (di layar akan muncul kotakisian komentar);Ketik komentar
yang akan diberikan;
4.Apabila komentar
telah selesai diketikan, Klik mouse di
5.sembarang tempat
untuk mengakhirinya.
·
Memperbaiki komentar
c.Klik sel yang akan diperbaiki komentarnya,
akan tampil kotak
1.komentar yang telah dimasukkan
sebelumnya;Klik menu
2.Edit Comment pada tab Review;
3. Ketik perbaikan/perubahan komentar;
4.. Klik mouse di sembarang
tempat untuk mengakhiri proses
d. Menghapus komentar
1.Klik sel yang berisi komentar yang akan
dihapus;
2. Klik pada tombol
Delete di tab Review;
3. Komentar akan segera terhapus
v Mengolah Grafik
a. Konsep
Mengolah grafik
maksudnya yaitu membuat dan memodifikasi grafik: merubah jenis grafik dan
memberi atau merubah warna pada grafik. Grafik ini merupakan visualisasi data
angka dalam bentuk gambar/grafik, sehingga data angka lebih mudah untuk dibaca
dan dipahami sertamenjadi lebih menarik.Terdapat berbagai macam jenis grafik
yang telah disediakan olehExcel.
b. Prosedur Mengolah
Grafik
1. Membuat Grafik
a.
Sorot range yang akan dijadikan grafik (meliputi nama kategori
dan data angka);
b.
Klik menu Insert
c. Klik chart (muncul
tampilan pilihan grafik)
d. Klik Standard Type
e. Pilih jenis grafik
yng dinginkan
f. Klik Next (muncul
kotak dialog yang menyajikan gambargrafik yang dipilih)
Klik Next (muncul kotak dialog yang menyajikan isian:
g.Judul grafik; nama
kategori garis X=horizontal dan nama kategori garis Y=vertical).
Isi sesuai dengan nama kategori yang ada di table.
h.Klik Next (Muncul
kotak dialog; mungkin tidak perlu diisi)
i. Klik Finish (Di
layar muncul grafik hasil proses).
2. Mengubah Jenis
Grafik
a. Klik kanan kotak
grafik (muncul kotak dialogChart Type yang berisi jenis, tipe dan
variasi jenis grafik)
b. Klik tipe grafik
dan jenis grafik yang dinginkan yang ada disisi kanan kotak dialog
c. Klik OK (di layar
muncul jenis grafik baru, menggantikan grafik yang telah dibuat sebelumnya)
3. Memberi warna
grafik
Warna grafik dimaksud
yaitu warna latar grafik, berada dalam area yang ada dalam kotak batas grafik
dengan area yang ada di luar grafik.
a. klik kanan pada
bagian kotak grafik yang akan diubah (dilayar muncul kotak dialog pilihan; dari
kotak tersebut ….)
b. KliK Format
Chart Area (Di layar muncul pilihan warna)
c. Klik warna yang
diinginkan
d. Klik OK untuk
mengakhiri proses.
Ketika melakukan input dan
pengolahan data, biasanya menghadapi masalah. Beberapa masalah utama
ketika input data: kolom dan lajur terlalu sempit/luas, kurang
jumlah
kolom dan lajur, salah
ketik, perubahan penempatan data, dan salah perintah. Upaya mengatasi
masalah-masalah dalam entry data di atas, atau dengan kata
lain kita ingin melakukanperubahan/perbaikan data maka dilakukan editing data.
6. Memperluas dan
Kolom dan Lajur
• Bawa penunjuk mouse
pada kepala kolom/lajur
• Tunggu sampai mucul
tanda panah silang
• Klik kiri dan drag
ke kiri/kanan sesuai kebutuhan
• Lepas klik
7. Menambah jumlah
kolom dan lajur
Tempatkan kursor mouse
bagian penomoran kolom/baris;
• Klik kanan dan pilih
• Insert;
• Kolom/baris akan
bertambah dengan sendirinya
8. Menghapus data
dalam sel/kolom/lajur
a. Pada Sel
Ketika sedang
memasukkan data ternyata ada kesalahan memasukan angka, jika angka yang akan
dibetulkan itu adalah angka terakhir cukup denganmenekat tombol back
space/panah kiri. Tapi apabila yang salah itu terleta di depan, maka prosesnya
harus menggunakan kotak editing.
Prosesnya sama mirip
dengan menyisipkan karakter/angka pada sel.
Klik sel yang
karakternya akan dihapus
• Klik kotak editing
• Bawa kursor pada
karakter yang akan dihapus dengan
• menggunakan panah
kiri/kanan kemudia.
•Tekan delete jika
kursor ada di depat angka/huruf atau gunakan backspace jika kursor
ada di belakang angka/huruf yang akan dihapus
• Setelah selesai,
klik mouse di sembarang tempat
b. Pada kolom dan
lajur
• Blok range dalam
kolom/lajur yang akan dihaspu
• Tekan tombl delete
10. Copy
sel/kolom/lajur
• Blok sel/kolom/lajur
yang akan dicopy
• Tempatkan pointer ke
tempat dimana hasil copy-an akanditempatkan
• Klik paste
11. Menggagalkan
perintah
Untuk menggalkan perintah
yang sudah terlanjur dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja,
sehingga keadaan teks kembali seperti keadaan semula yaitu dengan cara klik
Undo pada toolbar (Gambar panah melengkung ke kiri). Atau tekan tombol Ctrl +
Z.
12. Menyimpan data
Jika pekerjaan telah
selesai atau akan berhenti bekerja dan hasil kerja kita ingin disimpan, maka
harus dilakukan penyimpanan dokumen. Ada dua cara penyimpanan yaitu dengan
menggunakan menu file dan menggunakan toolbar.
a. Menggunakan menu
file
1. Klik File
2. Klik Save
3. Isi kotak dialog
dengan mengetikan nama yang akan diberikaN pada file yang sudah kita kerjakan.
4. Klik save
b. Menggunakan Toolbar
1. Klik save (gambar disket)2. Isi kotak
dialog3. Klik save
Jika dokumen kerja ini sudah pernah disimpan dan
ada nama filenya,
penyimpanan selanjutnya cukup dengan cara
mengklik toolbar gambar
disket; atau tekan tombol Ctrl + S.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
v
Penilaian adalah
proses sistematis pengumpulan, pengolahan dan pengambilan keputusan atas data
tentang suatu obyek untuk selanjutnya dipertimbangkan pemberian nilai atas
obyek tersebut berdasarkan pada suatu kriteria tertentu.
v
Akurat dibandingkan
jika dilakukan secara manual; Selain itu, karena pengolahan data berbasis komputer
ini dilakukan
Berupa data digital,
maka penyebarluasan informasi hasil pengolahan datanya juga bisa dilakukan
secara digital juga, di samping melalui print out dalam bentuk
lembaran kertas;
Penyebarluasan
hasil-hasil penilaian bisa dilakukan secara online,sehingga bisa
diakses setiap saat oleh yang membutuhkannya.
v
Microsoft Excel
merupakan salah satu program aplikasi yangada pada Microsoft Office, yaitu
program aplikasi untuk kepentingan perkantoran. Program lainnya yang ada pada
program aplikasi MS Office selain excel adalah PowerPoint,
Access, dan Photo Editor.Microsoft Excel adalah suatu
program aplikasi berupa kolom dan lajur elektronik yang ditujukan untuk
mengolah dokumen yang berupa angka, di mana data angka tersebut dapat diolah
dengan logika operasi matematika dan statistika.
DAFTAR PUSTAKA
v Azhar
Arsyad. 2006. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
v Desi Susilawati 2009. Upaya
Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X SMA N 1
Gamping Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta: Program Studi
Pendidikan Matematika, UNY.
v Depdikanas.2008.Penulisan Modul.diambil pada tanggal 18
November 2010 dari http://lpmpjogja.diknas.go.id/materi/fsp/2009-pembekalan-pengawas/26--kode--05-A2-B
penulisan Modul.pdf
v Mulyasa,E.2006.Implementasi Kurikulum 2004 Panduan
PembelajaranKBK.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
v Nana Sudjana dan Ahmad Rivai.2009. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
v Sugihartono.et al.2007. Psikologi Pendidikan.
Yogyakarta:UNY Perss
v Sugiyono.2007.Statistika Untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta
v
Suharsimi Arikunto.2010.Penelitian
Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas.Yogyakarta:Aditya Media
v
Sutomo.1985.Teknik Penilaian
Pendidikan. Surabaya:PT.Bina Ilmu Offset

Tidak ada komentar:
Posting Komentar